•  
  • Selamat datang di Wellbeing WIKA
Selasa, 16 Oktober 2012 - 08:54:02 WIB
Tendangan untuk si Virus Flu
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Pemahaman - Dibaca: 1820 kali

Jakarta - Memasuki musim penghujan, banyak orang yang mulai terkena flu. Sayangnya virus flu mudah menular dan dapat menyebar dengan sangat cepat. Anda dapat melindungi diri agar tidak tertular virus flu dengan mengonsumsi makanan penangkal flu.

Menurut beberapa penelitian, makanan-makanan tertentu seperti bawang, memiliki efek antioksidan yang dapat menjaga tubuh dari serangan virus flu.

Berikut 5 makanan yang dapat melindungi Anda dari virus flu, seperti dilansir besthealth, Rabu (10/10/2012) antara lain:

1. Bawang putih mentah

Bawang putih mengandung senyawa yang disebut allion dan allicin, yang memiliki efek antivirus. Bawang putih membantu tubuh menghancurkan serangan virus dan dapat melindungi Anda dari virus flu.

Kunyah bawang putih mentah setiap 3 atau 4 jam untuk mengatasi gejala flu seperti pilek, rasa tidak nyaman di tenggorokan, dan demam. Jika Anda tidak tahan dengan rasanya, cobalah mengiris bawang putih ke dalam potongan-potongan kecil dan minumlah seperti pil.

2. Bawang merah

Seperti bawang putih, bawang merah juga mengandung senyawa antimikroba allion dan allicin. Tambahkan bawang merah sebagai bumbu masakan atau taburkan bawang merah goreng di atas sajian makanan.

3. Rempah-rempah

Rempah-rempah seperti kunyit, cengkeh dan kayu manis dikemas dengan zat antioksidan, yang membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Campurkanlah satu sendok teh kayu manis ke dalam sereal sarapan pagi untuk menangkal flu.

Jika Anda sudah merasakan gejala flu, terapkan pengobatan tradisional India (Ayurveda) dengan menggunakan rempah-rempah untuk membantu mengeluarkan keringat dan mengatasi demam. Caranya seduhlah teh dengan 1/2 sendok teh kayu manis dan ketumbar dan 1/4 sendok teh jahe bubuk untuk membantu menurunkan suhu tubuh.

4. Buah beri

Semua buah beri seperti anggur, stroberi, blueberi dan blackberi memiliki konsentrasi tinggi antioksidan yang dapat membantu melawan virus flu. Bahkan ketika diuji terhadap makanan lain, blueberi diketahui memiliki antioksidan yang lebih tinggi dibanding 40 buah dan sayuran lainnya.

Makan buah beri segar sebanyak setengah cangkir setiap hari dapat membantu Anda tetap sehat selama musim flu. Buah beri yang telah dibekukan tidak memiliki kualitas sebagus ketika buah masih segar.

5. Sup ayam

Para peneliti menemukan bahwa sup dapat bekerja menangkal virus flu. Satu teori menyatakan bahwa sup panas meningkatkan suhu pada hidung dan tenggorokan, sehingga lingkungan tersebut menjadi tidak ramah bagi virus yang suka berkembang di tempat yang sejuk dan kering.

Tetapi juga ada penelitian yang menyatakan bahwa ayam itu sendiri memiliki sifat melawan flu karena mengandung protein yang telah terbukti memiliki aktivitas anti-virus.

 

 

 

 

 



3 Komentar :

 Administrator
08 Januari 2014 - 15:58:04 WIB

sepi nih
 Administrator
30 Mei 2014 - 16:52:57 WIB

kok sepi sihh
 check this out
16 September 2014 - 01:51:18 WIB

sip pakdhe....
Untuk Komentar anda harus login melalui Facebook, Twitter atau PORTAL WIKA anda
Sign in with TwitterSign in with Portal