•  
  • Selamat datang di Wellbeing WIKA
Selasa, 04 Juni 2013 - 13:11:01 WIB
Musim Batuk Pilek Tiba, Lakukan Ini Biar Tak Tertular
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Pemahaman - Dibaca: 1737 kali

Cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini sangat mempengaruhi daya tahan tubuh. Tidak perlu heran bila satu atau dua rekan kerja mulai batuk-batuk dan sering buang ingus. Yang penting, lakukan sesuatu biar tidak semakin menyebar.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan kuman saat musim penyakit tiba antara lain sebagai berikut, seperti dikutip dari WebMD, Selasa (4/6/2013).

1. Cuci tangan pakai sabun

Imbauan yang tak henti-hentinya disampaikan oleh para dokter ini memang paling efektif mencegah penularan kuman apapun. Meski beberapa kuman hanya menular lewat pernapasan, cuci tangan tetap mengurangi risiko penularan kuman lain saat daya tahan tubuh menurun. Bila tidak menemukan sabun dan air mengalir, hand sanitizer bisa digunakan.

2. Tutup hidung dan mulut

Cara terbaik untuk mencegah penularan kuman pernapasan adalah dengan menutup mulut dan hidung dengan tisu atau lengan baju, saat batuk atau bersin. Jangan menutupnya hanya dengan tangan karena justru akan membuatnya makin menyebar lagi saat menyentuh benda-benda sesudahnya. Lebih baik mengarahkan batuk ke lekukan siku karena tidak akan dipakai lagi untuk menyentuh sesuatu.

3. Sterilkan benda sehari-hari

Tidak perlu menyibukkan diri untuk menyemprotkan disinfektan sepanjang hari, cukup mengelap benda-benda yang paling sering disentuh orang. Keyboard komputer, gagang pintu, telepon dan remote control termasuk benda-benda yang paling banyak dihuni kuman karena sering disentuh.

4. Sebisa mungkin gunakan benda-benda sekali pakai

Boleh-boleh saja mengurangi penggunaan tisu demi menyelamatkan hutan dari industri kertas. Namun saat musim penyakit, tisu bisa mengurangi risiko penularan kuman karena cukup sekali pakai lalu dibuang.

5. Jangan masuk kerja bila benar-benar sakit

Semangat untuk tetap bekerja meski sedang sakit memang patut dihargai. Namun jika menyangkut risiko penularan penyakit, terlalu memaksakan diri juga bukan pilihan bijak. Sebaiknya minta izin untuk tidak masuk kerja jika memang benar-benar sakit karena berisiko menularkan kuman ke orang lain yang ada di kantor.

 



0 Komentar :

Untuk Komentar anda harus login melalui Facebook, Twitter atau PORTAL WIKA anda
Sign in with TwitterSign in with Portal