•  
  • Selamat datang di Wellbeing WIKA
Rabu, 12 Juni 2013 - 07:36:31 WIB
Cepat Lelah dan Mengantuk? Bisa Jadi Karena Terlalu Santai
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Pemahaman - Dibaca: 1830 kali

Kerja keras sepanjang hari memang melelahkan, banyak yang jadi gampang mengantuk karenanya. Apalagi jika tidak diimbangi dengan istirahat yang cukup. Tapi sebaliknya, terlalu santai juga memiliki efek yang sama.

Penyebab orang mudah lelah kadang-kadang memang tidak terduga. Terlalu santai misalnya, seharusnya membuat orang rileks sepanjang hari dan tidak merasakan lelah hingga tiba waktunya istirahat. Namun demikian, penelitian mengungkap fakta sebaliknya.

Hal-hal tak terduga yang bisa memicu kelelahan dan mudah mengantuk antara lain sebagai berikut, seperti dikutip dari News.com.au, Selasa (11/6/2013).

1. Terlalu santai
Stres merupakan penyebab utama kurang tidur dan kelelahan, tapi penelitian juga membuktikan hal yang sebaliknya. Terlalu santai juga membuat orang mudah letih dan kurang bergairah. Sedikit stres tidak hanya baik untuk membangkitkan gairah hidup, tapi juga memperbaiki sistem imun.

2. Pengaruh ponsel
Jika ingin tidur nyenyak dan berkualitas, matikan ponsel. Temuan di Karolinska Institute menunjukkan pemakaian ponsel 1 jam sebelum tidur bisa menganggu pola tidur, sehingga kualitas tidur menurun.

3. Kurang minum
Seorang chiropractor, Dr Simon Floreani mengatakan seseorang butuh 30 mL cairan tiap kg berat badannya untuk menjaga hidrasi atau kecukupan cairan. Jika kurang, maka tubuh akan cepat lelah.

4. Tidak seimbang
"Saat badan tidak seimbang, maka akan muncul stres di area yang terisolasi," kata seorang myoterapis dari The Wellness Club, Allan Mourad.

 "Ini akan memberi tekanan pada organ seperti hati dan ginjal, yang akan sangat melelahkan," imbuhnya.

5. Hati bekerja terlalu keras
Menurut seorang ahli naturopati Annalies Corse, hati yang bekerja tidak normal bisa memicu kelelahan. Fungsi hati adalah untuk detoksifikasi, jika kerjanya berlebihan maka akan membuat seseorang cepat lelah.

6. Kurang vitamin C
"Vitamin C sangat penting bagi kesehatan saat mengalami kelelahan sebagai akibat dari stres berkepanjangan, sakit atau usai operasi," kata Corse.

"Umumnya, kelenjar adrenal membantu kita saat stres, tapi kelenjar itu butuh asupan vitamin C dari diet untuk menjaga agar tubuh tidak kelelahan," lanjutnya.

7. Kurang magnesium
Penggunaan kontrasepsi oral dan konsumsi alkohol bisa mengurangi asupan magnesium. Kekurangan magnesium merupakan salah satu penyebab utama sindrom kelelahan kronis.

8. Jam biologis kacau
"Bangun tidur pada waktu yang sama tiap hari jauh lebih penting daripada waktu tidurnya, sebab akann mengomunikasikan siklus tidur dari otak ke badan," kata Barlett. Dengan alasan itu pula, tidur berlebihan di akhir pekan kurang dianjurkan karena mengacaukan pola tidur.

9. Kekurangan tiroid
Tiroid mengatur laju metabolisme atau cepat tidaknya tubuh memproses makanan. Seseorang yang cepat lelah, sensitif terhadap dingin, mudah lupa dan gampang gemuk, periksalah ke dokter untuk tes tiroid.

10. Kurang olahraga atau justru berlebihan
Kurang tidur bisa membuat tubuh kekurangan endorphin dan serotonin yang dibutuhkan agar tidur bisa lebih nyenyak. Sebaliknya, terlalu banyak olahraga juga meningkatkan stres yang membuat tidur jadi tidak nyenyak.

0 Komentar :

Untuk Komentar anda harus login melalui Facebook, Twitter atau PORTAL WIKA anda
Sign in with TwitterSign in with Portal