•  
  • Selamat datang di Wellbeing WIKA
Rabu, 19 Juni 2013 - 08:17:16 WIB
Bila Sembarangan, Liburan dan Makan Siang Pun Bisa Picu Migrain
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Pemahaman - Dibaca: 1723 kali

Sakit kepala sebelah alias migrain bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Penyebabnya pun bisa apa saja, mulai dari liburan hingga makan siang. Ketahui penyebab-penyebab tidak terduga agar tidak harus mengalaminya derita migrain.

Beberapa penyebab migrain yang sering diabaikan adalah sebagai berikut seperti dikutip dari Huffingtonpost, Selasa (18/6/2013).

1. Liburan

Stres memikirkan pekerjaan bisa memancing serangan migrain, tetapi sebaliknya libur untuk meredakan stres juga bisa memicu keluhan serupa. Menurut penelitian, terlalu cepat berganti suasana hati dari stres ke rileks bisa menggaggu saraf. Oleh karenanya, serangan migrain kerap terjadi para hari-hari pertama liburan.

Manajemen stres yang baik lebih dianjurkan, daripada menumpuk stres dan menunggu libur untuk meredakannya secara tiba-tiba.

2. Hujan

Belum ada hasil riset yang definitif yang mengaitkan serangan migrain dengan cuaca. Namun berbagai penelitian menunjukkan, serangan migrain lebih sering muncul pada saat cuaca hujan. Dan karena tidak seorang pun bisa mengontrol cuaca, maka yang bisa dilakukan adalah meningkatkan kehati-hatian saat mulai mendung. Misalnya dengan tidak terlalu stres.

3. Parfum teman sebangku

Sekalipun wangi, bau parfum yang terlalu menyengat memang menyebalkan. Bukan itu saja, bebauan seperti ini juga termasuk pemicu migrain seperti halnya cahaya terang pada beberapa pengidap migrain. Jika memungkinkan, ingatkan rekan sebangku untuk tidak berlebihan memakai parfum.

4. Minum kopi atau tidak minum kopi

Keduanya sama-sama bisa memicu serangan migrain. Kafein dalam takaran berlebihan bisa memicu sakit kepala sebelah, terutama bagi yang tidak biasa minum kopi. Bagi yang setiap hari minum kopi, sehari saja tidak minum maka serangan migrain juga bisa muncul dan biasanya dialami bagi para pecandu kopi. Untuk menghindari keduanya, biasakan untuk minum kopi dalam takaran yang wajar.

5. Lupa tidak makan siang

Lagi-lagi, bagi sebagian orang migrain adalah soal kebiasaan. Lupa tidak makan siang bisa memicu migrain. Tidak diketahui pasti mekanismenya, tetapi diyakini karena kadar gula dalam darah turun dan mempengaruhi sistem saraf. Untuk menghindarinya, biasakan untuk makan teratur pada waktu yang tertentu dengan porsi yang tertentu pula.

 



0 Komentar :

Untuk Komentar anda harus login melalui Facebook, Twitter atau PORTAL WIKA anda
Sign in with TwitterSign in with Portal