•  
  • Selamat datang di Wellbeing WIKA
Kamis, 27 November 2014 - 08:15:13 WIB
Gangguan Pendengaran yang Seperti Ini Juga Bisa Sebabkan Cadel
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Pemahaman - Dibaca: 1313 kali

Jakarta, Umumnya cadel dialami seseorang karena kelainan anatomi di lidah, seperti lidah kecil, pendek, atau lidah dengan pembentukan celahnya tidak sempurna. Meski jarang, cadel juga bisa terjadi karena gangguan pendengaran.

"Orang yang cadel karena gangguan pendengaran sangat jarang, terlebih pada orang dewasa yang pernah punya pengalaman bicara," ujar dr Mahatma T. Bawono, SpTHT-KL, MSc, dokter spesialis THT dari RS Akademik UGM Yogyakarta, dalam perbincangan dengan detikHealth dan ditulis pada Rabu (26/11/2014).

Dokter yang akrab disapa dr Boni ini menuturkan cadel dapat dilihat melalui sejarah apakah orang tersebut memiliki lidah yang pendek, ambang dengar yang tidak bagus, atau memiliki gangguan telinga saat dewasa misalnya karena mendengar bunyi petasan yang terlalu nyaring. Dalam kasus orang dewasa dan lansia yang pernah memiliki pengalaman berbicara, mereka akan tetap dapat berbicara meskipun pelan-pelan karena pernah mengetahui bagaimana cara berbicara, meskipun kemampuan pendengarannya berkurang.

"Solusinya, telinga sebagai alat pengontrol dimana suara yang akan dikeluarkan akan dikontrol supaya tidak terlalu keras. Karena saat orang ngomong telinga berfungsi untuk mengontrol intonasi, volume yang akan didengar lawan bicara," paparnya.

Menurutnya, cadel relatif lebih banyak faktor dari organ mulut, seperti lidah, rongga mulut, dan langit-langit mulut. Jika cadel terjadi pada anak-anak, hal itu bisa terjadi saat proses belajarnya yang salah, misalnya informasi yang masuk ke telinga anak memengaruhi daya ingatnya. Sehingga saat melafalkan huruf anak itu akan mengeluarkan bunyi yang salah. Hal ini terjadi pada anak yang fungsi organ mulutnya baik. Dalam kasus ini tergantung pada orang yang mengajarkan dan kemampuan fungsi organ di dalam mulutnya.

"Sementara pada anak yang memiliki fungsi organ mulutnya kurang baik misalnya yang memiliki lidah kecil atau lidah pendek, meskipun informasi yang diterimanya benar, tetapi kemampuan melafalkannya sulit karena lidahnya tidak sampai ke atas langit-langit sehingga menyebabkan cadel," ujar dr Boni.

Selain itu, cadel juga bisa terjadi pada orang yang berbibir sumbing. Kualitas suara yang dikeluarkan orang yang berbibir sumbing tidak bisa sama seperti orang normal karena sulit bicara yang disebabkan kelainan anatomi, di mana pembentukan celahnya tidak sempurna. Nah, hal itu juga bisa menyebabkan cadel.

0 Komentar :

Untuk Komentar anda harus login melalui Facebook, Twitter atau PORTAL WIKA anda
Sign in with TwitterSign in with Portal