•  
  • Selamat datang di Wellbeing WIKA
Rabu, 20 Juni 2012 - 14:25:13 WIB
4 Superfood Pengusir Depresi
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Menu Sehat - Dibaca: 1240 kali

Tak ada salahnya menyesap secangkir kopi ketika stres datang. Penelitian membuktikan wanita yang biasa meminum kopi tinggi kafein memiliki risiko mengalami depresi 20% lebih rendah. Namun, tak selamanya minuman hitam ini bisa jadi penyelamat di kala tekanan datang bertubi-tubi. Minuman Kopi harus juga dilihat bahwa kopi dengan kandungan purin menjadi pemicu tingginya asam urat.

Dalam kondisi seperti ini, masih ada 4 sahabat kopi lain yang akan jadi penyelamat. Berkenalanlah dengan mereka dan dapatkan efek menenangkan yang tiada duanya.

Salmon

Asam lemak omega-3 yang dikandungnya akan membantu sel otak untuk meningkatkan konsentrasi dompamin dan serotonin. Keduanya merupakan neurotransmitter yang meregulasi perubahan mood menjadi bahagia. Seafood, seperti salmon dan sarden merupakan makanan kaya omega-3. Dalam sebuah studi yang dilansir dalam Journal of Clinical Psychiatry, mereka yang memiliki kadar asam lemak omega 3 yang rendah dilaporkan memiliki gejala depresi yang ringan hingga moderat.

Kunyit

Kunyit sering digunakan bangsa Persia tradisional sebagai obat untuk meningkatkan mood. Biasanya rempah ini digunakan dalam teh herbal atau saat menanak nasi. Peneliti asal Tehran University of Medical Sciences, Shahin Akhondzadeh, Ph.D., menemukan kunyit memiliki efek antidepresi yang lebih baik ketimbang kandungan fluoxentine yang ada dalam obat penenang Prozac. Kunyit membuat otak melepaskan lebih banyak hormon serotonin. Tak heran mood pun membaik setelah mengonsumsinya.

Cokelat

Cokelat memang mujarab. Antioksidan yang dikandungnya membantu menurunkan level kortisol yang biasa dikenal sebagai hormon pembuat stres. Orang stres yang terbiasa mengonsumsi 40 gram dark chocolate setiap harinya selama 2 minggu terbukti mengalami pengurangan hormon stres. Studi ini dilakukan oleh Nestlé Research Center di Swiss.

Pilihlah dark chocolate yang mengandung kakao tinggi untuk mendapatkan antioksidan terbanyak. Dan hati-hatilah, dalam 40 gram cokelat tersebut terkandung 230 kalori.

Karbohidrat

Menghilangkan karbohidrat dalam menu makanan bisa menyebabkan konsekuensi tidak terduga, mood yang berantakan. Peneliti menduga hal ini disebabkan karena karbohidrat meningkatkan produksi serotonin. Dalam sebuah studi yang dimuat dalam Archives of Internal Medicine, mereka yang mengikuti diet low carb selama setahun yang hanya memperbolehkan asupan karbohidrat 20-40 gram, mengalami lebih banyak depresi, kegelisahan, dan kemarahan lebih banyak. Pemilihan karbohidrat juga harus cerdas, harus dihindari yang mempunyai glikemik tinggi seperti nasi, tepung, kentang, jagung dan umbi-umbian. Ganti dengan sayur mentah dan buah.

Jangan salah pilih. Ceriakan hari dengan menambahkan 4 makanan di atas ke dalam menu favorit. Dan dapatkan senyum mengembang setiap hari. (Grace Natali)

sumber : preventionindonesia.com



0 Komentar :

Untuk Komentar anda harus login melalui Facebook, Twitter atau PORTAL WIKA anda
Sign in with TwitterSign in with Portal